Breaking News

Pengertian Diagnosa dan Masalah Keperawatan

Banyak Perawat yang masih dibungungkan oleh pembeda antara Diagnosa Keperawatan dengan Masalah Keperawatan.

Agar tidak terjadi kesalahan penafsiran diantara keduanya, berikut ini bagai mana membedakan, diantaranya:
Diagnosa
Keperawatan
Diagnosa keperawatan  adalah suatu pernyataan yang menjelaskan Respons Manusia (Status Kesehatan Atau Resiko Perubahan Pola) dari individu atau kelompok (Keluarga & Masyarakat) dimana perawat secara Akuntabilitas dapat Mengidentifikasikan dan memberikan Intervensi secara pasti untuk menjaga status kesehatan menurunkan membatasi, mencegah dan merubah (a Carpenito, 2000; Gordon, 1975 & NANDA).

NANDA menyatakan bahwa diagnosa keperawatan adalah:
Keputusan klinik tentang respon individu, keluarga dan masyarakat tentang masalah kesehatan actual atau potensial, sebagai dasar seleksi intervensi keperawatan untuk mencapai tujuan asuhan keperawatan sesuai dengan kewenangan perawat.
Semua diagnosa keperawatan harus didukung oleh data, dimana menurut NANDA  diartikan sebagai Definisi Karakteristik yang juga di namakan Tanda dan Gejala.
  • Tanda adalah suatu yang dapat diobossitas.
  • Gejala adalah suatu yang di rasakan oleh klien.
Pada beberapa negara (Misal: Kansas dan New York) mendiagnosa diidentifikasikan dalam tindakan Praktik Keperawatan sebagai suatu tanggung jawab legal dari seorang perawat professional, Diagnosa Keperawatan memberikan Dasar Petunjuk untuk memberikan terapi yang pasti dimana perawat bertanggung jawab di dalamnya (Kim et al,1984)
☆☆☆☆☆
Masalah
Keperawatan
Masalah keperawatan merupakan keadaan atau situasi dimana Klien Perlu Bantuan untuk mempertahankan atau meningkatkan status kesehatannya, atau meninggal dengan damai, yang dapat dilakukan oleh perawat sesuai dengan kemampuan dan wewenang yang dimilikinya.

Identifikasi masalah klien dibagi menjadi:
  1. Pasien tidak bermasalah, 
  2. Pasien yang kemungkinan mempunyai masalah, 
  3. Pasien yang mempunyai masalah potensial sehingga kemungkinan besar mempunyai masalah, dan 
  4. Pasien yang mempunyai masalah aktual.
☆☆☆☆☆
Kesimpulan
Kesimpulan dari Perbedaan antara Diagnosa Keperawatan dengan Masalah Keperawatan adalah:
  1. Diagnosa Keperawatan adalah suatu bagian integral dari proses keperawatan. Hal ini merupakan suatu komponen dari langkah-langkah analisa, dimana perawat mengidentifikasi “Respon-Respon Individu terhadap maslah-masalah kesehatan yang aktual dan pontensial.”
  2. Diagnosa Keperawatan, sebagai suatu bagian dari proses keperawatan juga direfleksikan dalam standar praktik ANA. Standar-standar ini memberikan satu dasar luas mengevaluasi praktik dan merefleksikan pengakuan hak-hak manusia yang menerima asuhan keperawatan (ANA, 1980).
  3. Masalah Keperawatan merupakan keadaan atau situasi dimana klien perlu bantuan untuk mempertahankan atau meningkatkan status kesehatannya, atau meninggal dengan damai, yang dapat dilakukan oleh perawat sesuai dengan kemampuan dan wewenang yang dimilikinya.
☆☆☆☆☆

No comments