Breaking News

Pentingnya Perawat Mahir Dalam Berkomunikasi

Manajemen adalah proses dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain (Gilles, 1989).

Dan menurut (Swanbrurg, 2000) mendefinisikan manajemen sebagai ilmu atau seni tentang bagaimana menggunakan sumber daya secara efisien, efektif, dan rasional untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. (Kaliat,2009).
Dalam kegiatan asuhan keperawatan di butuhkan yaitu kemahiran dalam berkomunikasi, dan komunikasi yang baik itu mudah di mengerti, singkat, jelas.

Komunikasi juga sangat perlu saat melakukan segala hal dalam kegiatan sehari-hari perawat dalam tindakan keperawatan maupun dalam bentuk Operan.

Dalam operan sering terjadi kekeliruan ataupun kesalah pahaman informasi, dan disinilah perawat sangat dibutuhkan dalam kemahiran berkomunikasi.

Pada saat operan antar perawat, diperlukan suatu komunikasi yang jelas tentang kebutuhan pasien, intervensi yang sudah dan yang belum dilaksanakan, serta respons yang terjadi pada pasien. Perawat melakukan operan bersama dengan perawat lainnya dengan cara berkeliling ke setiap pasien dan menyampaikan kondisi pasien secara akurat di dekat pasien.

Cara ini akan lebih efektif dari pada harus menghabiskan waktu orang lain sekedar untuk membaca dokumentasi yang telah kita buat, selain itu juga akan membantu perawat dalam menerima operan secara nyata. (Nursalam, 2011).

Ada berbagai macam model operan yaitu:

  1. Model tradisional dan operan disisi tempat tidur (bedside) yang penerapannya disesuaikan dengan kondisi masing-masing ruangan. Operan tradisional hanya cukup di meja perawat tanpa mengkonfirmasi keadaan pasien secara langsung. Hal ini menyebabkan ketidakpuasan dari pasien dan perawat karena tidak ada komunikasi antara perawat dengan pasien yang nantinya bermanfaat bagi pelayanan yang dilakukan.
  2. Komunikasi yang efektif dalam lingkungan perawatan kesehatan membutuhkan Pengetahuan, Keterampilan dan Empati. Ini mencakup mengetahui kapan harus berbicara, apa yang harus dikatakan dan bagaimana mengatakannya serta memiliki kepercayaan  diri dan kemampuan untuk memeriksa bahwa pesan telah diterima dengan benar. 
Meskipun digunakan setiap hari dalam situasi klinis, keterampilan komunikasi perlu dipelajari, dipraktekkan dan disempurnakan oleh semua perawat sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan jelas, singkat dan tepat dalam lingkungan yang serba cepat dan menegangkan.

Untuk itu diperlukan pendekatan sistematik untuk memperbaiki komunikasi tersebut salah satunya dengan cara komunikasi teknik SBAR. 

Komunikasi Situasion Background Assessment Recommendation (SBAR) dalam dunia kesehatan dikembangkan oleh pakar "Pastien Safety dari Kaiser Permenente Oakland California" untuk membantu komunikasi antara dokter dan perawat.

Meskipun komunikasi SBAR di desain untuk kumunikasi dalam situasi beresiko tinggi antara perawat dan dokter, teknik SBAR juga dapat digunakan untuk berbagai bentuk operan tugas, misalnya operan antara perawat.

Teknik SBAR tidak hanya digunakan untuk operan tugas antara klinis tapi juga untuk berbagai laporan oleh pimpinan unit kerja, mengirim pesan via email atau voice mail serta bagian IT untuk mengatasi masalah (JCI, 2010).

Dari hasil uraian di atas terdapat kaitannya operan terhadap komunikasi perawat dalam melakukan kegiatan sehari-hari maupun saat menerapkan asuhan keperawatan. 
☆☆☆☆☆
TUJUAN
  1. Untuk mengetahui pengertian dari Operan;
  2. Untuk mengetahui Prosedur Operan;
  3. Untuk mengetahui hal-hal yang diperhatikan dalam Operan;
  4. Untuk mengetahui Komunikasi SBAR; dan
  5. Untuk mengetahui prosedur SBAR dalam Operan.
☆☆☆☆☆
MANFAAT
Bagi Perawat
  1. Meningkatkan kemampuan komunikasi antar perawat;
  2. Menjalin hubungan kerja sama dan bertanggung jawab antar perawat;
  3. Pelaksanaan asuhan keperawatan terhadap pasien yang berkesinambungan; dan
  4. Perawat dapat mengikuti perkembangan pasien secara paripurna dan meminimalkan terjadinya kesalahan tindakan.
Manfaat Bagi Pasien
  1. Pasien dan keluarga menjadi lebih nyaman.
  2. Pasien dan keluarga dapat menyampaikan masalah secara langsung bila ada yang belum terungkap.
☆☆☆☆☆

No comments