Breaking News

Spikulasi Bisnis SWOT

Dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk:
  1. Mengevaluasi kekuatan (strengths), 
  2. Kelemahan (weaknesses), 
  3. Peluang (opportunities), dan 
  4. Ancaman (threats). 
Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). 

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500. 

SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek. (^ History of SWOT Analysis, Tim Friesner, diakses tanggal 21 Januari 2010.)

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. 

Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah:
  1. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, 
  2. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, 
  3. Selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan
  4. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru. 
---------------------------------------------------------------------------------
PERENCANAAN
Marketing
Marketing adalah ujung tombak yang menjadikan suatu perusahaan akan meraih kesuksesan atau kemunduran. Marketing mempunyai tugas utama, yaitu menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan yang mempunyai target pasar sesuai dengan yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut. 
Serangkaian proses yang dilakukan untuk memasarkan produk atau mengenalkan produk kepada masyarakat dengan berbagai cara, agar produk tersebut menjadi banyak diminati oleh masyarakat luas. Oleh sebab itu, marketing sering disebut sebagai penghubung produsen dan konsumen. Strategi marketing harus jelas dan hal ini perlu dilakukan agar barang dari produsen dapat sampai kepada konsumen dalam waktu yang tepat. Strategi ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadi kekecewaan konsumen. [googleweblight.com]
Customer Servis
Pengertian customer service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan/ masalah yang sedang dihadapi. Seorang customer service harus pandai dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh tamunya. 
Customer Service sangat erat kaitannya dengan ilmu komunikasi. Kata “komunikasi” berasal dari kata dalam bahasa latin communis yang berarti “sama” (dalam bahasa inggris : common). Komunikasi kemudian dapat dianggap sebagai proses menciptakan suatu kesamaan (commoness) atau suatu kesatuan pemikiran antara pengirim dengan penerima. Sedangkan cara yang tepat untuk memahami komunikasi menurut Lasswell adalah dengan menjawab pertanyaan : who, says what, in which channel, to whom, with what effect? (Hafield Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi, PT. Raja Grafindo, Jakarta, 2003, hal 42). 
Rumusan pertanyaan tersebut mengandung lima unsur dasar dalam komunikasi, yaitu : 
  • Siapa yang mengatakan? (komunikator, pengirim, atau sumber) 
  • Apa yang disampaikan? (pesan, ide, gagasan) 
  • Dengan saluran mana? (media atau sarana) 
  • Kepada siapa? (komunikan atau penerima) 
  • Apa dampaknya? (efek atau hasil komunikasi)
Kesimpulannya bahwa komunikasi merupakan penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) darikomunikator kepada komunikan melalui media tertentu dan menghasilkan dampak-dampak tertentu pula. Peran public relations sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan tersebut terutama dalam menciptakan kepuasan pelanggan dan menciptakan goodwill dan citra positif.
Budgeting
Budgeting, atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai penganggaran, adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis dan meliputi seluruh kegiatan perusahaan, dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter, serta berlaku dalam jangka waktu (periode) tertentu di masa yang akan datang.
---------------------------------------------------------------------------------
MANAJEMEN

Manajemen ialah sebuah seni untuk mengatur sesuatu, baik orang ataupun pekerjaan. Pengertian manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan cara bekerja dalam team. Dalam sebuah penerapannya manajemen memiliki subyek dan obyek. Subyek adalah orang yang mengatur sedangkan obyek adalah yang diatur.  [googleweblight.com]

---------------------------------------------------------------------------------
PENJUALAN BAJU HIJAB DAN/ ATAU SYAR’I SECARA ON-LINE
PENGALAMAN
Strengsths (Kekuatan)
Baju Hijab dan/ atau Syar’i merupakan pakaian khusus wanita muslim, dimana Agama mayoritas di Indonesia adalah Agama Islam dan banyaknya penggunaan Media Sosial dan smartponts yang sudah menjadi trends gaya hidup saat ini.
Weaksnesse (Kelemahan)
Tidak semua wanita muslim Indonesia menggunakan baju hijab dan/ atau syar’i dan monotonnya model baju hijab dan/ atau syar’i dan masih banyak yang belum paham betul dalam penggunaan media sosial
Opportunities (Kesempatan)
Mayoritas Penduduk Indonesia adalah Beragama Islam.
Threats (Ancaman)
Sudah banyak pemanfaatan media sosial sebagai tempat penawaran produk dengan menawarkan baju hijab dan/ atau syar’i.

MARKETING/ PENAWARAN PRODUK
Strengsths (Kekuatan)
Dengan Menggunakan kecanggihan Smartponts dan/ atau Media Sosia seperti:
  • Facebook; 
  • Instagram; 
  • Blogger; Dll.
Kita dapat memiliki jangkauan pemasaran yang lebih luas sehingga baju-baju syar’i yang kami tawarkan dapat langsung dipilih oleh para konsumen.
Weaksnesse (Kelemahan)
Setiap program Media Sosial memiliki sistem atau program yang berbeda-beda dan digunakan oleh kalangan tertentu, sehingga kita harus memiliki akses jaringan ke berbagai Media Sosial tersebut. 
Adanya biaya tambahan ongkos kirim dan cenderung kita menjual produk dengan eceran.
Opportunities (Kesempatan)
Contoh Barang yang kita stok sudah dapat disajikan tanpa perlu kita membawa barang dagangan kita dari satu tempat ke tempat yang lain.
Threats (Ancaman)
Masih banyak penipuan barang dari media sosial, sehingga terkesan terkadang apa yang kita tawarkan adalah produk abal-abal.

CUSTEMER SERVIS
Strengsths (Kekuatan)
Dengan Sistem On-Line, konsumen dapat langsung berkomunikasi dengan kami mengenai produk yang kami tawarkan melalui katalog yang tersedia. Sehingga konsumen langsung mengetahui harga dan/atau kuwalitas maupun kuantitas produk-produk baju syar’i kami.
Weaksnesse (Kelemahan)
Terkadang Antara Gambar dan Barang yang disajikan tidak sesuai dengan harapan Konsumen sehingga kemungkinan akan sering mendapat komplain.
Opportunities (Kesempatan)
Kita lebih mudah menjelaskan kepada konsumen, sehingga segala pertanyaan yang diajukan konsumen dapat langsung memperoleh tanggapan dari kita.
Threats (Ancaman)
Terganggunya waktu istirahat kita, dikarenakan sewaktu-waktu konsumen akan menghubungi kita dan hilangnya kesempatan interaksi sosial dilingkungan kita.

BUDGETING
Strengsths (Kekuatan)
Dengan sistem manajemen On-Line, maka toko kami dapat di akses selama 1x24 jam sehari dan konsumen dapat langsung berkomunikasi dengan kami.
Weaksnesse (Kelemahan)
Keuntungan minim karena hanya sebatas pengecer.
Opportunities (Kesempatan)
Dengan menggunakan metode On’Line dengan Memanfaatkan Media Sosial, Website dan/ atau teknologi Smartponts, anggara hanya difokuskan pada penggunaan komunikasi dan penyediaan produk-produk barang serta ongkos kirim.
Threats (Ancaman)
Barang terjual terlihat dengan mahal tapi pendapatan Keuntungan yang minim, dan jelas ini tidak sesuai dengan sistem hukum Ekonomi. 
---------------------------------------------------------------------------------

No comments